Pentingnya mengatur PH (Derajat keasaman) pada tanaman Hidroponik

Apa pH?
Jawaban: pH adalah ukuran keasaman / kebasaan suatu larutan.Dapatkah Anda menjelaskan hal ini dalam sedikit lebih detail?
Jawaban: Secara khusus, pH adalah ukuran dari hidronium H3O + ion. Hal ini didasarkan pada skala logaritmik dari 0 sampai 14. "Murni" air memiliki pH 7,0. Jika pH kurang dari 7, solusinya adalah asam. Jika pH lebih besar dari 7 adalah basa. Karena skala logaritmik dan tidak linier, pH 6 menunjukkan sepuluh kali lebih H proton dari pH 7, dan pH 5 menunjukkan 10 kali lebih proton dari pH 6.Apa pH yang terbaik untuk tumbuh tanaman hidroponik?

 Jawaban: Rentang pH yang ideal untuk sebagian besar tanaman hidroponik adalah antara 5,5 dan 6,5.Bagaimana tingkat pH mempengaruhi pertumbuhan tanaman?
 Jawaban: pH adalah penting karena mempengaruhi ketersediaan dan penyerapan beberapa unsur atom 16 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Penyerapan maksimum elemen ini ditemukan di pembacaan pH 5,5-6,5. Ketika pH turun di bawah kisaran ini banyak unsur makro (N, P, K, dll) memiliki kurang ketersediaan, dan penyerapan nutrisi mikro dapat mencapai tingkat beracun.

Bagaimana Anda mengubah pH?
Jawaban: pH disesuaikan dengan menggunakan asam untuk menurunkan atau alkali untuk meningkatkan itu. Umum Hidroponik 'pH Down dan pH Up dirancang untuk tujuan ini. Banyak asam dan basa yang sangat korosif dan berbahaya, sehingga perawatan harus digunakan jika Anda tidak menggunakan produk berlabel untuk digunakan hidroponik.

Bagaimana jika saya tidak bisa mendapatkan pH setiap Down, dan sistem saya berjalan tinggi?
Jawaban: solusi jangka pendek meliputi asam sitrat (yang menurunkan dalam larutan) atau asam sulfat dibuat untuk baterai mobil. Pastikan ini tidak termasuk memimpin apapun, dan sangat berhati-hati dengan asam ini. Cuka juga akan bekerja, tetapi umumnya, efek jangka pendek.

Seberapa sering saya harus memeriksa tingkat pH saya?
Jawaban: Ketika pertama kali memulai itu adalah ide yang baik untuk mengukur pH air setiap hari, sampai Anda mendapatkan merasakan sistem Anda. Mengukur air dan kemudian menambahkan nutrisi Anda. Dalam waktu satu jam memeriksa pH dan menyesuaikan sesuai. Ulangi proses ini sampai pH stabil. Cairan Flora Seri memiliki buffer pH khusus untuk membantu mempertahankan pH yang diinginkan. Ini adalah ide yang baik untuk dicatat berapa banyak air, nutrisi dan pengubah pH yang dibutuhkan untuk mendapatkan nilai-nilai yang diinginkan. Setelah beberapa "up start-" biasanya Anda bisa mendapatkan merasakan berapa banyak asam atau basa digunakan untuk situasi Anda. Sering pH tetap dalam kisaran yang diinginkan untuk waktu yang cukup, dan kemudian dengan cepat naik atau turun ke ekstrem. Ini biasanya merupakan indikasi dari kebutuhan untuk melakukan perubahan nutrisi. Jika Anda menggunakan air keras, pH memiliki kecenderungan untuk naik di atas 7,5. Kadang-kadang ini dapat dinetralkan dengan asam, meskipun salah satu mungkin mempertimbangkan menambahkan unit osmosis balik dalam kasus ekstrim.

Berapa banyak pH Atas / Bawah dibutuhkan per galon?
Jawaban: Mulailah dengan satu mililiter per galon. Tunggu 15 menit Untuk 30, dan menguji air Anda lagi. Sering Anda hanya perlu 1 sampai 2 ml pH Atas / Bawah per galon air. Anda mungkin perlu tambahan pH Atas / Bawah jika Anda memiliki air keras. Umum Hidroponik Flora Series adalah pH buffer untuk memfasilitasi menjaga pH dalam kisaran yang menguntungkan.PH dalam sistem saya turun di bawah 4 setiap beberapa hari setelah pembersihan dan pengisian ulang. Bagaimana cara meningkatkan pH dan menstabilkan?


Jawaban: Cara termudah adalah dengan terus menambahkan pH Up. Ini umumnya baik-baik saja karena unsur-unsur tambahan yang ditambahkan adalah ion kalium. Kalium sering unsur tertinggi dalam solusi nutrisi hidroponik. Kadang-kadang pH crash karena kehadiran sejumlah besar aktivitas mikroba dalam larutan nutrisi. Hal ini biasanya akibat dari perawatan yang buruk dari sistem karena perubahan nutrisi jarang atau tekanan lainnya. Cara terbaik untuk menghindari skenario ini adalah untuk menjaga sistem yang bersih dengan gizi yang cukup.


Di dalam budidaya tanaman secara hidroponik hal yang terpeting dalam pertumbuhan tanaman adalah memperhatikan PH (Derajat Keasaman) pada air. Karena PH air berdampak dalam penyerapan ke 16 unsur nutrisi yang diperlukan tanaman.

pH tanaman hidroponik
Pengaruh pH pada tanaman hidroponik Umumnya, Skala pH berkisar dari 0 hingga 14. pH berangka 7 merupakan pH bersifat netral, yang ideal untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan angka di bawah 7 menunjukkan senyawa asam, dan di atas 7 menunjukkan senyawa basa.

Mempertahankan pH yang tepat dalam sistem hidroponik (hydroponic system) akan mencegah reaksi kimia negatif pada larutan nutrisi hidroponik karena tingkat pH tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran sistem hidroponik sehingga dapat mengakibatkan masalah yang tentu tak ingin kita dapatkan. Perbedaan Rentang PH pada setiap tanaman hidroponik Rentang pH sebuah tanaman memang memiliki perbedaan, namun untuk menyiasatinya, kita harus mengetahui berapa batas-batas maksimum dari tanaman yang kita miliki, karena banyaknya asam dan basa dapat menyebabkan korosif dan tentu saja itu adalah hal berbahaya untuk tanaman. Maka dari itu rentang pH yang diijinkan untuk larutan nutrisi hidroponik adalah antara 5.5 – 7.5. di bawah atau diatas range pH ini biasanya dapat mengakibatkan masalah pada larutan nutrisi hidroponik. Biasanya terjadi endapan pada larutan nutrisi yang akan berakibat pada defisiensi kebutuhan unsur hara tanaman hidroponik.

Cara menaikan dan menurunkan PH Menggunakan asam untuk menurunkan (DOWN) atau alkali untuk meningkatkan (UP). Banyak asam dan basa yang sangat korosif dan berbahaya, sehingga harus berhati-hati digunakan jika Anda tidak menggunakan produk berlabel untuk digunakan dalam hidroponik. Produk PH down dan PH up banyak di jual di toko online.

Posting Komentar